logo bikini garage

10 Museum di Bali yang Aesthetic, Liburan Sambil Belajar

Juli 5, 2024
bikinigaragebali
museum di bali

Tak hanya kaya akan keindahan alam, seni dan budaya Bali pun sangat menarik untuk dinikmati. Ada berbagai museum di Bali yang sangat seru untuk kunjungi.

Selain menyaksikan benda peninggalan kaya sejarah, kamu dapat mengenal lebih jauh tentang budaya dan sejarah Bali di museum. Bahkan untuk beberapa museum juga menyediakan fasilitas workshop dimana kamu bisa mempelajari seni dan budaya setempat.

10 Museum di Bali Sebagai Destinasi Wisata Menarik

1. Museum Bali

museum bali

Museum yang terletak di Jalan Mayor Wisnu kota Denpasar ni menyimpan begitu banyak peninggalan masa lampau.

Koleksi yang dimiliki museum pun cukup beragam, dari mulai benda etnografi keagamaan, kesenian, bahasa tulisan hingga perlengkapan dan peralatan penunjang hidup yang menggambarkan bagaimana perkembangan kehidupan dan budaya Bali pada masa lampau.

2. Museum Bajra Sandhi (Monumen Perjuangan Rakyat Bali)

Museum Bajra Sandhi

Museum ini tidak hanya berdiri sebagai bangunan biasa tapi juga merupakan simbol penting dari kuatnya keteguhan dan patriotik rakyat Bali untuk memperjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Detail bangunan museum Bajra Sandhi pun mengandung makna spesial, ada 17 anak tangga di pintu utama, terdapat 8 tiang agung dan ketinggian menjulang hingga 45 meter.

Museum Bajra Sandhi terletak pada Jalan Raya Puputan No. 142 Panjer kawasan Denpasar Selatan. Museum ini bisa dikunjungi mulai jam 09.00 hingga 17.00 WITA. Untuk tiket masuk, orang dewasa harus membayar Rp 25.000 sedangkan untuk anak-anak Ro 10.000 saja.

3. Museum Puri Lukisan Ubud

Museum Puri Lukisan Ubud

Sebagai museum seni tertua di Bali, museum Puri Lukisan didirikan oleh para seniman Bali dan resmi disahkan pada tahun 1956, meskipun begitu museum Puri Lukisan juga menyimpan koleksi seni yang berasal dari tahun 1930.

Koleksi yang dimiliki pun tidak hanya sebatas lukisan saja, kamu bisa menemukan koleksi ukiran kayu, lukisan era modern, lukisan hasil karya anggota Pitamaha, lukisan wayang kamasan hingga koleksi lukisan karya dari I Gusti Nyoman Lemped.

Museum ini berdiri di Jalan Raya Ubud Kabupaten Gianyar dan bebas dikunjungi mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA. Untuk harga tiket masuk, kamu perlu membayar Rp 85.000 per orang dewasa dan khusus anak yang usianya dibawah 15 tahun dan didampingi oleh orang tua tidak perlu membeli tiket masuk.

4. Museum The Blanco Renaissance

Museum The Blanco Renaissance

Seperti namanya, museum ini didedikasikan khusus untuk menampilkan karya seniman Antonio Blanco asal Spanyol, dari mulai lukisan, keramik, patung, perhiasan hingga kostum. Saat mengunjungi museum ini, kamu tidak hanya bisa menikmati karya seni tapi juga pemandangan alam yang begitu indah.

Perpaduan panorama Sungai Campuhan, sawah terasering dan pepohonan terlihat sangat cantik.

Museum The Blanco Renaissance terletak di Jalan Raya Campuhan pada kawasan Sayan, Ubud. Dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA. Untuk mengunjungi museum ini, wisatawan lokal harus membayar tiket masuk seharga Rp 55.000 dan Rp 100.000 untuk wisatawan internasional.

5. Neka Art Museum

Neka Art Museum

Neka Art Museum merupakan museum seni lukis dan keris. Diresmikan pada tahun 1982, Neka Art Museum memiliki berbagai karya menarik seperti lukisan, patung, keris hingga berbagai koleksi foto karya seni kuno.

Museum ini berada di Jalan Raya Sanggingan Campuhan kawasan Kedewatan, Ubud dan dibuka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WITA. Pengunjung dewasa wajib membayar tiket masuk seharga Rp 150.000 sementara untuk anak umur 10-17 tahun seharga Rp 75.000 dan khusus untuk anak dibawah usia 10 tahun tidak perlu membayar alias gratis.

6. Museum Kesenian Agung Rai (ARMA)

Museum Kesenian Agung Rai (ARMA)

Diresmikan pada tahun 1996, Museum Kesenian Agung Rai atau lebih dikenal dengan Museum Arma Ubud merupakan museum seni rupa yang menyimpan berbagai koleksi lukisan pelukis ternama baik dari Indonesia maupun mancanegara. Berlokasi di Jalan Raya Pengosekan Ubud, museum Arma Ubud dibuka sejak pukul 09.00 hingga 18.00 WITA dan mengenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 100.000 per orang.

7. Museum Pasifika

Museum Pasifika

Museum Pasifika menampilkan berbagai karya para maestro kondang dari berbagai negara. Kamu akan dimanjakan oleh berbagai koleksi seni di tengah luasnya Museum Pasifika yang mencapai 9.000 meter persegi. Memiliki luas keseluruhan 12.500 meter persegi, Museum Pasifika memiliki 11 ruang pameran paviliun besar, kafe dan juga pemandangan taman yang begitu cantik.

Kesebelas ruang pameran tersebut dibagi menjadi ruang Seniman Indonesia, Seniman Italia, Seniman Belanda, Seniman Perancis, Seniman Eropa, Pameran Temporer, Seniman Indochina, Seniman Polynesia dan Tahiti, Kesenian Premier Vanuatu, Kesenian Pasifik Oceania hingga Kesenian Asia.

Untuk mengunjungi museum Pasifika, kamu bisa datang ke Komplek Bali Tourism Development Corporation (BTDC) di Area Blok P, Benoa, Kuta Selatan. Tidak hanya menikmati karya seni, kamu juga bisa membaca buku di perpustakaan dan menikmati acara di panggung terbuka pada malam harinya.

8. Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

Dikenal sebagai Setia Darma House of Mask and Puppets, setiap pengunjung bisa mengenal topeng dan wayang khas Bali melalui 1.300 koleksi topeng dan 5.700 wayang. Berlokasi di Jalan Tegal Bingin Banjar Tengkulak Tengah, kamu bisa mendatangi Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Untuk masuk ke dalamnya, kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

9. Museum Rudana

Museum Rudana

Museum Rudana merupakan salah satu museum yang populer di pulau Dewata karena memiliki koleksi seni yang tak hanya indah tapi juga penuh informasi. Museum Rudana memiliki koleksi lukisan dan patung yang merupakan karya berharga dari para seniman Indonesia.

Museum Rudana terletak di Jalan Cok Rai Pudak No. 44 kawasan Peliatan Kecamatan Ubud dan bisa dikunjungi dari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA. Untuk harga tiket masuknya pun cukup terjangkau. Orang dewasa hanya dikenakan biaya Rp 20.000 sedangkan untuk anak-anak cukup membayar Rp 10.000.

10. Museum Le Mayeur

Museum Le Mayeur

Didirikan oleh Adrien Jean Le Mayeur de Merpres, seorang pelukis berbakat asal Belgia, museum seni ini memiliki 88 koleksi lukisan yang dilengkapi dengan berbagai peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, lemari, kursi dan meja artistik.

Untuk mengunjungi Museum Le Mayeur, kamu bisa datang ke Jalan Hang Tuah, Sanur Kaja, Denpasar pada jam operasional mulai 08.00 hingga 15.30 WITA. Tenang saja, harga tiketnya pun sangat terjangkau, wisatawan lokal hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang dewasa sedangkan anak – anak dikenakan tarif Rp 5.000.

Inilah 10 museum di Bali yang wajib kamu kunjungi selama berada di Bali. Eksplor seni dan budaya Bali lebih dalam lagi dengan berbagai koleksi seni yang informatif. Kamu bisa bebas mengunjungi museum ini sepuasnya dengan menggunakan layanan penyewaan mobil mewah bersama Bikini Garage – Sewa Mobil Mewah di Bali.

Sebagai penyewaan mobil mewah terpercaya dan terkemuka di pulau Dewata, Bikini Garage memiliki berbagai pilihan tipe mobil mewah untuk membuat pengalaman berlibur dan kunjungan museum di Bali menjadi begitu berkesan.

Baca juga: 8 Tempat Aktivitas Anak di Ubud yang Dijamin Anti Boring

Book, Rent, and Drive!
Sewa mobil mewah favoritmu, liburan di Bali jadi nyaman dan eksklusif.
Bikini Garage Bali
Pusat sewa mobil mewah di Bali sejak tahun 2020. Garasi dan mobil pribadi.
Alamat Garasi:
Jl. Bikini II - Teuku Umar Barat, Denpasar, Bali 80117
Phone: +62 813-3904-5581
Lihat di Google Maps →
Ikuti kami:
Kami aktif dalam organisasi:
logo Ikatan Motor Indonesia Bali
logo Buser RentCar Nasional (BRN)
logo MINI bali community
Telah diliput oleh:
kumparan travel logo
logo-detiktravel
logo-republika
logo media indonesia
logo_tribunbisnis
liputan 6 logo
logo kataindonesia.com
tribunotomotif logo
jawapos logo
radarbali logo
Indonesia-Todays logo
radar jakarta logo
logo_warta_jakarta
harian bangsa logo
sumut pos logo
manado post logo
katainvestor logo
Copyright 2024 Bikini Garage Bali
Privacy Policy
phone