logo bikini garage

Guide Simpel Cara ke Nusa Penida dari Bali

Maret 30, 2024
bikinigaragebali
Cara ke Nusa Penida dari Bali

Ingin merasakan pengalaman berlibur yang berbeda saat berkunjung ke Bali? Mungkin ini pertanda kuat kamu harus mencoba berkunjung ke Nusa Penida.

Cara termudah dan tercepat untuk mencapai Nusa Penida adalah dengan fast boat dari Bali. Biasanya, kebanyakan orang memilih untuk berangkat dari Pantai Sanur, mengingat banyaknya pilihan fast boat yang tersedia dari beragam operator, lengkap dengan jadwal keberangkatan yang beragam.

Pulau kecil ini menjadi destinasi ideal jika kamu menginginkan wisata pantai atau laut yang masih bersih, alami dan asri di kawasan Bali. Terpisah dari pulau utama oleh Selat Badung, jika kamu mau menuju Nusa Penida bisa menggunakan layanan transportasi laut.

Cara ke Nusa Penida Menggunakan Transportasi Laut

Cara ke Nusa Penida dari Bali
Cara ke Nusa Penida dari Bali

Jika kamu mau menuju ke Nusa Penida lewat laut, kamu bisa memakai berbagai jenis transportasi laut seperti speed boat, kapal feri ataupun perahu tradisional. Sepanjang durasi penyebrangan lewat laut pun tidak akan membuat kamu bosan karena indahnya pemandangan perairan Selat Badung.

Untuk menuju ke pulau Nusa Penida dengan memakai fast boat biasanya diberangkatkan melalui empat titik penyeberangan yang berbeda, yaitu:

  1. Pelabuhan Sanur di Pantai Matahari Terbit Sanur
  2. Pelabuhan Serangan
  3. Pelabuhan Tribuana dan Pelabuhan Banjar Bias di Pantai Kusamba Klungkung
  4. Pelabungan Padang Bai

Mengingat sebagian besar wisatawan atau pengunjung pulau Bali dari dalam dan luar negeri berasal dari daerah Selatan pulau Bali, maka bisa dipastikan bahwa lokasi penyeberangan melalui laut yang paling ramai adalah melalui Pelabuhan Sanur. Jangan khawatir, kondisi lahan parkir di Pelabuhan Sanur sangat luas dan cukup untuk menampung banyak mobil dan juga motor.

Kamu bisa mengakses Pelabuhan Sanur melalui Jalan Sanur Beach Street Walk dengan melewati jalan Hang Tuah – Sanur Kaja. Untuk akses yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan berbagai jasa transportasi sewaan ataupun online.

Sedangkan untuk tujuan pelabuhan di pulau Nusa Penida, kamu bisa turun berlabuh di:

  1. Dermaga Seblanga Banjar Nyuh
  2. Pelabuhan Toya Pakeh
  3. Dermaga Banjar Nyuh
  4. Dermaga Sampalan

Untuk harga tiket fast boat dari pulau Bali ke Nusa Penida sendiri sangat bervariasi, patokan harga ditentukan berdasarkan penyedia jasa penyewaan fast boat masing – masing. Tapi, rata – rata harga yang dikenakan kepada wisatawan berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 120.000. Harga tersebut berlaku untuk wisatawan dalam dan luar negeri, dewasa dan anak – anak.

Selain menggunakan fast boat, kamu juga bisa menyewa helikopter jika memang sudah ada dana lebih untuk keperluan transportasi ke Nusa Penida. Tidak hanya menghemat banyak waktu, kamu juga bisa merasakan pengalaman unik menyaksikan pemandangan laut dari ketinggian.

Baca juga: Itinerary Seminggu di Bali, Touring Keliling Bali

Pertama Kali ke Nusa Penida?

Tips pertama adalah selalu ingat untuk menggunakan sandal karet ketika kamu akan naik kapal. Jangan lupa untuk selalu memakai sunblock demi kesehatan kulitmu. Jika dirasa kurang cukup, kamu bisa mengenakan masker, topi dan kacamata mengingat ada banyak debu yang beredar sepanjang perjalanan ke Nusa Penida.

Kamu juga tidak perlu membawa koper besar saat pergi ke Nusa Penida, apalagi jika kamu hanya berencana untuk pergi selama satu hari saja. Hal ini sangat penting mengingat ruang di dalam fast boat cukup terbatas. Kalau kamu memang berniat menginap dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Nusa Penida maka akan lebih baik untuk menitipkan koper bawaan di tempat kamu menginap di pulau Bali. Sedikit berbeda kalau kamu mau langsung menuju ke pulau Nusa Penida dari bandara Ngurah Rai, dimana kamu bisa menitipkan barang bawaan kepada pihak bandara.

Di pulau Nusa Penida sendiri tidak terdapat transportasi umum, sehingga kamu harus menyiapkan transportasi pribadi atau membooking tour tertentu terlebih dahulu. Jika kamu kelupaan atau berangkat tanpa rencana alias spontan, kamu bisa menyewa sepeda motor setelah kamu turun dari fast boat kepada warga lokal yang menawarkan jasa sewa motor di sekitar dermaga. Pastikan juga kendaraan yang sudah kamu book, telah menunggu atau sampai ketika kamu menginjakkan kaki di Nusa Penida.

Baca juga: 1 Hari di Bali Bisa Kemana Saja? Ini Tips Terbaiknya

Area Wisata di Nusa Penida: Barat, Timur, Selatan

Cara ke Nusa Penida dari Bali

Sampai saat ini, Nusa Penida memiliki tiga area wisata, yaitu kawasan Nusa Penida Timur, Nusa Penida Barat dan terakhir Nusa Penida Selatan.

Untuk bagian Nusa Penida Barat, kamu bisa mengunjungi Angel’s Billabong, Crystal Bay, Broken Beach hingga Kelingking Beach yang paling populer.

Untuk bagian Nusa Penida Timur, kamu bisa menjumpai Bukit Teletubbies, Tree House, Thousand Islan, Pantai Atuh dan juga Diamond Beach.

Sedangkan untuk bagian Nusa Penida Selatan, kamu bisa mampir mengunjungi Banah Cliff, Hutan Tembeling, Pererenan Cliff Point, Saren Cliff dan juga Air Terjun Guyangan.

Nah, itu dia cara ke Nusa Penida jika kamu berangkat dari pulau Bali. Alangkah baiknya jika kamu merencanakan baik – baik transportasi yang akan kamu gunakan saat menuju dan selama berada di Nusa Penida.

Selama berlibur di pulau Bali, kamu harus maksimalkan waktu dengan baik dengan mengeksplorasi berbagai kawasan dan destinasi wisata. Liburan kamu pun akan lebih berkesan lagi jika kamu menggunakan mobil mewah sebagai metode mobilisasi kamu selama berada di pulau Dewata. Kamu bisa menyewa mobil mewah di Bikini Garage sebagai tempat penyewaan mobil mewah terpercaya & terkemuka di Bali. Tenang saja, ada begitu banyak pilihan mobil mewah untuk menciptakan pengalaman berlibur terbaik.

Book, Rent, and Drive!
Sewa mobil mewah favoritmu, liburan di Bali jadi nyaman dan eksklusif.
Bikini Garage Bali
Pusat sewa mobil mewah di Bali sejak tahun 2020. Garasi dan mobil pribadi.
Alamat Garasi:
Jl. Bikini II - Teuku Umar Barat, Denpasar, Bali 80117
Phone: +62 813-3904-5581
Lihat di Google Maps →
Ikuti kami:
Kami aktif dalam organisasi:
logo Ikatan Motor Indonesia Bali
logo Buser RentCar Nasional (BRN)
logo MINI bali community
Telah diliput oleh:
kumparan travel logo
logo-detiktravel
logo-republika
logo media indonesia
logo_tribunbisnis
liputan 6 logo
logo kataindonesia.com
tribunotomotif logo
jawapos logo
radarbali logo
Indonesia-Todays logo
radar jakarta logo
logo_warta_jakarta
harian bangsa logo
sumut pos logo
manado post logo
katainvestor logo
Copyright 2024 Bikini Garage Bali
Privacy Policy
phone