logo bikini garage

7 Tips Aman Charge Handphone di Mobil Saat di Perjalanan

Maret 30, 2024
bikinigaragebali
tips cas hp di mobil

Handphone tidak bisa dipungkiri telah menjadi teman setia dalam setiap perjalanan, terutama di tengah kemacetan atau perjalanan jauh seperti saat sedang liburan yang pastinya memakan waktu. Sayangnya, baterai yang drop dapat menjadi penyebab kekesalan tersendiri. Untuk mengatasi hal ini, banyak orang memanfaatkan port charger di mobil sebagai solusi untuk mengisi daya.

Meskipun demikian, mengisi daya handphone di mobil bukanlah perkara sepele. Diperlukan perhatian khusus agar proses ini berlangsung aman dan tidak berujung pada kerusakan baterai atau bahkan gangguan pada mobil itu sendiri. Berikut adalah 7 tips aman mengisi daya handphone di mobil saat perjalanan.

1. Pilih Adaptor Sesuai Daya HP

Pertama-tama, jangan asal colok! Pastikan adaptor yang digunakan sesuai dengan spesifikasi daya handphone Kamu. Menggunakan adaptor yang tidak sesuai dapat mengakibatkan pengisian yang lambat dan bahkan berisiko merusak baterai dan handphone. Cek manual atau informasi produk handphone Kamu untuk mengetahui daya yang dibutuhkan.

Sebagai informasi umum, port lighter mobil biasanya memiliki output sekitar 1 ampere, sementara kebanyakan handphone membutuhkan minimal 2 ampere untuk pengisian optimal. Jika adaptor bawaan handphone memerlukan daya lebih besar, pastikan Kamu memilih adaptor mobil dengan ampere yang sesuai.

Biasanya mobil mewah dan menengah keluaran terbaru telah dilengkapi dengan fasilitas pengisian daya yang lebih canggih dan sesuai dengan kebutuhan gadget terkini.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Mewah Favorit di Indonesia, Dari Porsche Hingga Smart

2. Tenaga Minimal 2 Ampere

Jika Kamu tidak menemukan adaptor yang sama persis dengan daya handphone Kamu, pilihlah adaptor dengan ampere minimal 2. Ini lebih baik daripada menggunakan adaptor dengan ampere rendah yang dapat membuat pengisian berlangsung lama dan berpotensi menghasilkan panas berlebih. Hindari juga penggunaan adaptor tanpa merk atau kualitas buruk, karena ini dapat meningkatkan risiko korsleting.

3. Pantau Proses Pengisian

Selanjutnya, jangan asal charge dan ditinggalkan begitu saja! Pantau proses pengisian handphone Kamu secara teratur. Segera cabut adaptor begitu baterai terisi penuh. Membiarkan adaptor tertancap terlalu lama dapat membebani aki mobil dan bahkan memicu overheating pada adaptor dan handphone sehingga bisa berpotensi terjadi kejadian yang tidak diinginkan yang dapat merusak perangkat milikmu.

4. Jangan Terlalu Lama

Hindari membiarkan adaptor terpasang di port lighter mobil terus-menerus, bahkan jika tidak digunakan untuk mengisi daya handphone. Hal ini dapat membebani aki mobil, terutama saat mesin sedang mati. Cabut adaptor segera setelah selesai pengisian, kecuali Kamu menggunakan adaptor berkualitas tinggi dengan fitur smart charging yang otomatis memutus aliran listrik saat tidak digunakan.

5. Isi Daya Saat Mobil Menyala

Saat handphone diisi daya, pastikan mesin mobil dalam keadaan menyala. Hal ini dikarenakan daya yang digunakan berasal dari alternator mobil yang sedang aktif, sehingga tidak membebani aki. Hindari mengisi daya saat mesin mati, terutama jika baterai aki mobil sudah dalam kondisi lemah.

6. Cabut Charger Jika Panas

Jika adaptor atau handphone terasa panas selama proses pengisian, segera cabut adaptor. Panas berlebih dapat merusak baterai dan komponen elektronik dalam handphone, serta meningkatkan risiko korsleting. Jika handphone sering mengalami overheat saat diisi daya di mobil, periksalah kualitas adaptor dan kondisi baterai handphone Kamu.

7. Jangan Tinggalkan HP Di Charge di Mobil

Terakhir, hindari meninggalkan handphone yang sedang diisi daya di dalam mobil, terutama jika mobil terparkir di bawah sinar matahari. Suhu di dalam mobil yang tinggi dapat menyebabkan risiko overheating dan kerusakan yang lebih besar pada handphone. Selain itu, handphone yang terlihat di dalam mobil dapat menjadi target potensial bagi pencuri. Pastikan selalu membawa handphone Kamu saat meninggalkan mobil, atau parkir di tempat yang teduh jika memang harus meninggalkannya dalam keadaan diisi daya.

Selain tips di atas, Kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan power bank berkualitas dengan kapasitas besar sebagai alternatif untuk mengisi daya handphone saat perjalanan, tanpa perlu mengandalkan port lighter mobil. Beberapa mobil terbaru baik mobil mewah dan menengah bahkan sudah dilengkapi dengan port USB built-in dengan ampere yang cukup besar untuk pengisian optimal. Pastikan Kamu mengetahui spesifikasi port USB mobil Kamu sebelum menggunakannya untuk mengisi daya handphone.

Jangan lupa untuk secara berkala membersihkan port lighter mobil untuk menghindari gangguan koneksi adaptor. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Kamu dapat mengisi daya handphone di mobil dengan aman dan nyaman. Dengan begitu, perjalanan Kamu pun akan menjadi lebih menyenangkan tanpa perlu khawatir tentang baterai yang drop. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil.

Jika Kamu ingin menjadikan perjalanan Kamu saat di Bali menjadi lebih berkesan, jangan ragu untuk menghubungi Bikini Garage - Pusat sewa mobil mewah di Bali. Kami menyediakan layanan penyewaan mobil mewah di Bali dengan berbagai macam tipe yang mudah dan cepat. Nikmati pengalaman berkendara dengan mobil-mobil pilihan kami yang selalu terawat dengan baik. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan. Jadikan perjalanan Kamu lebih istimewa dengan kendaraan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Kamu. Bikini Garage siap memberikan layanan terbaik untuk perjalanan Kamu, Selamat berkendara dengan aman dan nyaman!

Book, Rent, and Drive!
Sewa mobil mewah favoritmu, liburan di Bali jadi nyaman dan eksklusif.
Bikini Garage Bali
Pusat sewa mobil mewah di Bali sejak tahun 2020. Garasi dan mobil pribadi.
Alamat Garasi:
Jl. Bikini II - Teuku Umar Barat, Denpasar, Bali 80117
Phone: +62 813-3904-5581
Lihat di Google Maps →
Ikuti kami:
Kami aktif dalam organisasi:
logo Ikatan Motor Indonesia Bali
logo Buser RentCar Nasional (BRN)
logo MINI bali community
Telah diliput oleh:
liputan 6 logo
logo kataindonesia.com
tribunotomotif logo
jawapos logo
radarbali logo
Indonesia-Todays logo
radar jakarta logo
logo_warta_jakarta
harian bangsa logo
sumut pos logo
manado post logo
katainvestor logo
Copyright 2024 Bikini Garage Bali
Privacy Policy
phone