logo bikini garage

10 Tips Sewa Mobil, Proses Rental Lancar Tanpa Drama

Juni 6, 2024
bikinigaragebali
tips sewa mobil

Menyewa mobil merupakan salah satu solusi terbaik untuk memperlancar kegiatan bisnis atau liburanmu selama berada di pulau Bali. Terlebih jika kamu datang bersama dengan kerabat, keluarga dan orang terkasih, tentunya kamu ingin memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik.

Sewa mobil juga bisa menjadi pilihan paling tepat jika kamu sedang lelah atau malas mengendarai mobil sendiri. Untuk membantumu mendapatkan unit mobil sewa terbaik, ada 10 tips sewa mobil yang bisa kamu lakukan demi terbebas dari drama penyewaan mobil.

10 Tips Penting Sewa Mobil

1. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

tips sewa mobil
mobil BMW F3/330i di Bikini Garage Bali

Tentunya kamu tak ingin menyewa mobil yang bukannya meringankan beban tapi malah menambah masalah atau menimbulkan ketidaknyamanan. Mengetahui mobil seperti apa yang kamu butuhkan selama masa sewa akan sangat membantu proses pemakaian mobil menjadi bebas masalah, lebih tenang dan praktis.

Contohnya, jika kamu membawa banyak penumpang dan barang, tentunya mobil keluarga yang luas dan nyaman seperti Alphard merupakan salah satu opsi pilihan terbaik. Jika kamu ingin berpergian ke medan yang menantang, kamu perlu menyewa mobil yang dapat menghadapi medan tersebut seperti Rubicon Sahara misalnya. Pemilihan waktu juga wajib kamu pertimbangkan, tentu keadaan jalan dan tempat wisata saat periode liburan akan lebih padat daripada hari biasanya, maka pastikan kamu menyewa mobil yang dapat memberikan kenyamanan ekstra.

2. Pahami Ketentuan Terkait Sewa Supir

tips sewa mobil

Tanyakan terlebih dahulu kepada pihak penyewa apakah kamu langsung menerima driver in house dari tempat rental tersebut, apakah ada biaya tambahan untuk fasilitas driver atau kamu bisa menyewa tanpa ada driver alias menyetir sendiri.

Pertimbangkan kembali apakah kamu memiliki waktu dan energi yang cukup untuk menavigasi jalanan atau kamu harus menyewa mobil lengkap beserta driver karena jawaban dari pertanyaan ini dapat membuat perbedaan harga yang cukup signifikan.

3. Bandingkan Harga

tips sewa mobil

Harga dan tarif sewa antara satu tempat rental dengan tempat rental mobil lainnya tentu berbeda-beda. Maka daripada itu, kamu sebaiknya mengecek dan membandingkan perbedaan harga tersebut. Meski memiliki tipe armada mobil sewa yang sama, tentu ada perbedaan harga atau fasilitas yang ditawarkan.

Tak jarang, pihak rental mobil mengadakan promosi atau diskon potongan harga untuk jangka waktu tertentu, jadi sebaiknya kamu teliti dalam membandingkan harga supaya bisa mendapatkan deal sewa mobil terbaik.

4. Ketahui Hak & Fasilitas Selama Periode Sewa

tips sewa mobil

Meski harga yang lebih murah merupakan tawaran menggiurkan, tapi tentu kamu harus berhati-hati jika harga yang kamu dapat terlalu murah. Pasalnya, bisa jadi kamu akan dikenakan beban biaya lainnya di luar biaya sewa. Hal yang sama juga berlaku jika kamu mendapat tawaran yang terlalu tinggi karena kamu bisa merugi dari harga yang jauh dari harga pasaran akibat oknum yang memanfaatkan kesempatan pada momen spesial seperti periode liburan, dll.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Mewah Untuk Disewa di Bali

5. Pahami Detail Syarat Penyewaan

Sebelum membawa unit mobil sewa sebaiknya kamu benar-benar memahami persyaratan sewa. Biasanya, setiap pihak rental mobil mewajibkan penyewa untuk memberikan salinan berupa softcopy atau fotocopy dari kartu identitas, seperti SIM dan KTP.
Kamu juga perlu mengisi formulir sewa, bisa dalam bentuk tertulis maupun secara online.

Jadi, sebelum berangkat untuk menyewa mobil, pastikan kamu sudah melengkapi persyaratan dan dokumen terlebih dahulu. Tak kalah penting, kondisikan salinan SIM dan KTP baik dan bersih agar info data diri bisa terbaca dengan jelas.

6. Detail Kebijakan Sewa

Selama proses administrasi, kamu harus menyuarakan pertanyaan yang ada di hati. Pastikan kembali kebijakan dan kesepakatan yang berlaku pada pihak rental mobil. Salah satu hal yang kamu harus pastikan adalah pengenaan biaya overtime jika ternyata kamu harus menggunakan mobil sewa melebihi waktu yang disepakati.

Pasalnya, besaran biaya overtime dari satu tempat rental ke tempat rental lainnya bisa berbeda-beda.

Hal yang sama juga berlaku pada klaim asuransi, kamu perlu mengetahui apa saja manfaat, jenis, cakupan perlindungan sampai uang pertanggungan yang berhak didapat jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

7. Jangan Lupa Ambil Foto Sebelum & Sesudah Sewa

Memeriksa keadaan unit mobil sewa tidak hanya dapat kamu lakukan sebelum membawa unit mobil sewa. Ketika menjelang momen pengembalian pun kamu harus mengabadikannya untuk memastikan tidak ada bagian mobil yang rusak atau lecet saat berada di tanganmu.

Sebelum mulai memakai mobil sewa, pastikan tidak ada bagian interior atau eksterior mobil yang tak sempurna alias bebas lecet, jangan lupa pastikan juga performa mesin sudah optimal.

8. Hindari Booking Mendadak

Booking mobil secara mendadak bisa jadi membatasi opsi pilihan mobil sewa yang bisa digunakan. Ingatlah untuk selalu memesan jasa sewa mobil dari jauh-jauh hari supaya kamu bisa bebas memilih mobil yang kamu butuhkan dan mendapatkan fasilitas dan kenyamanan terbaik. Terutama jika kamu berniat menyewa mobil saat momen spesial seperti periode liburan panjang atau mudik, hindari menyewa mobil secara mendadak.

9. Pilih Tempat Sewa Mobil Terpercaya

Bisnis penyewaan mobil sejatinya mengandalkan kualitas, pelayanan dan kepercayaan. Sangat penting untuk melihat-lihat berbagai review dan ulasan yang dimiliki pihak rental mobil dari berbagai sumber seperti media sosial atau testimoni dari mereka yang pernah menggunakan jasa sewa tempat sewa tersebut. Menyewa mobil dari tempat rental yang terpercaya dapat memberikan ketenangan batin selama proses sewa.

10. Simpan Detail Kontak Pihak Sewa Mobil

Selama proses penyewaan, kamu harus mengantongi kontak pihak rental mobil, supaya bisa bebas menghubungi ketika kamu memiliki pertanyaan, butuh info tambahan, memberikan kabar overtime hingga mengabari jika ada suatu hal yang terjadi di luar ekspektasi.

Setelah proses penyewaan selesai pun, kamu sebaiknya tetap menyimpan detail kontak pihak rental. Tempat sewa mobil yang memiliki kualitas tinggi, pelayanan terbaik dan penanganan maksimal tentunya merupakan salah satu aset berharga untuk memperlancar urusan anda. Simpanlah kontak pihak rental yang terpercaya dan terbukti kualitasnya. Kedepannya, kamu tak usah repot mencari-cari lagi jika membutuhkan jasa rental mobil.

Nah, itu dia 10 tips Sewa mobil yang bisa kamu lakukan jika ingin menyewa mobil pada pihak rental. Supaya kebutuhanmu terpenuhi dan momen liburan spesial bisa berjalan tanpa masalah, pastikan kamu mendapatkan informasi lengkap serta pelayanan maksimal selama proses penyewaan unit mobil. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentu kamu membutuhkan partner penyewaan mobil yang bisa diandalkan.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Sewa Mobil Mewah di Bali

Book, Rent, and Drive!
Sewa mobil mewah favoritmu, liburan di Bali jadi nyaman dan eksklusif.
Bikini Garage Bali
Pusat sewa mobil mewah di Bali sejak tahun 2020. Garasi dan mobil pribadi.
Alamat Garasi:
Jl. Bikini II - Teuku Umar Barat, Denpasar, Bali 80117
Phone: +62 813-3904-5581
Lihat di Google Maps →
Ikuti kami:
Kami aktif dalam organisasi:
logo Ikatan Motor Indonesia Bali
logo Buser RentCar Nasional (BRN)
logo MINI bali community
Telah diliput oleh:
kumparan travel logo
logo-detiktravel
logo-republika
logo media indonesia
logo_tribunbisnis
liputan 6 logo
logo kataindonesia.com
tribunotomotif logo
jawapos logo
radarbali logo
Indonesia-Todays logo
radar jakarta logo
logo_warta_jakarta
harian bangsa logo
sumut pos logo
manado post logo
katainvestor logo
Copyright 2024 Bikini Garage Bali
Privacy Policy
phone