logo bikini garage

9 Tips Rental Mobil Bulanan Bebas Ribet

Mei 6, 2024
bikinigaragebali
Tips Rental Mobil Bulanan

Mobil sangat berguna, terutama untuk kegiatan bisnis atau liburan dengan keluarga, misalnya di Bali. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi, kamu bisa menyewa mobil bulanan. Agar mendapatkan pilihan rental terbaik, penting untuk mengetahui tips penyewaan mobil bulanan agar pengalamanmu menyewa mobil lebih baik.

Tips Rental Mobil Bulanan

1. Sesuaikan jenis mobil dengan kebutuhan

Saat hendak memilih jenis mobil, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang jenis dan keuntungan mobil yang ingin disewa terlebih dahulu. Apakah mobil minimalis seperti mini cooper sudah cukup? Atau kamu perlu mobil keluarga dengan kenyamanan maksimal seperti sewa Alphard? Apakah kamu membutuhkan jenis mobil manual atau automatic?

Pastikan kamu mengetahui tipe mobil yang dibutuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhanmu sehari-hari. Tentunya, hal ini berkaitan langsung dengan keamanan, kenyamanan dan juga besaran budget yang harus kamu keluarkan.

2. Tarif harga sebanding dengan unit & fasilitas

Setelah mengetahui jenis mobil yang dibutuhkan, sekarang kamu harus memastikan bahwa harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan kualitas unit mobil dan fasilitas yang akan didapatkan.

Jika terlalu murah, kamu perlu berhati-hati karena kemungkinan besar akan ada beban biaya lainnya di luar tagihan biaya sewa. Maka daripada itu, sangat penting untuk mencari referensi tentang harga sewa yang ditawarkan oleh pihak rental mobil.

3. Paham akan syarat sewa mobil

Salah satu tips rental mobil bulanan yang paling penting adalah memahami persyaratan sewa mobil secara mendetail. Biasanya setiap pihak rental mobil memiliki persyaratan masing-masing sebelum kamu melakukan penyewaan, salah satunya penyediaan data diri seperti KTP dan SIM.

Pastikan persyaratan sewa beserta ketentuannya dapat dengan mudah kamu pahami dan tidak menyulitkan kamu sebagai pihak penyewa. Kamu juga perlu memastikan atau melakukan cross check sebelum proses administrasi selesai. Untuk langkah terbaik, sediakan salinan dari dokumen dari data dirimu dan jangan lupa untuk mengisi formulir data diri dan kontak yang bisa dihubungi.

4. Jeli atas kebijakan sewa

Salah satu kebijakan sewa yang penting untuk kamu ingat adalah kebijakan biaya overtime. Biaya overtime tentunya akan dikenakan jika mobil yang disewa digunakan melebihi jangka waktu yang sebelumnya telah disepakati.

Setiap pihak rental mobil pastinya memiliki ketentuan dan perbedaan besaran biaya overtime tersendiri. Maka akan sangat penting untuk memastikan hal tersebut diawal. Tak lupa juga mengenai klaim asuransi, seperti jenis, cakupan perlindungan, detail benefit hingga uang pertanggungan yang akan didapat jika asuransi harus diklaim.

5. Cek kondisi mobil

Sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu sudah mengetahui detail kondisi mobil yang akan kamu sewakan. Kalau kamu mendeteksi adanya kejanggalan, kerusakan ataupun kekurangan, kamu bisa meminta pihak rental untuk mengganti unit mobil.
Hal yang sama berlaku jika kamu sudah menyetujui unit mobil sewa, ambillah foto lengkap dari mulai tampak mobil bagian depan, samping, belakang dan juga interiornya. Hal ini penting sebagai tindakan preventif agar kedepannya dapat menjadi bukti jika kamu memang tidak wajib menanggung kerusakan dari penggunaan pihak sebelumnya.

6. Ketentuan Lepas Kunci

Saat menyewa mobil secara bulanan, pastikan apakah kamu menyewa mobil tanpa driver atau kamu diwajibkan untuk menggunakan jasa driver yang sudah disediakan oleh pihak rental mobil. Pastikan juga jika ada perbedaan tarif harga yang dikenakan.

7. Ketersediaan BBM (Bahan Bakar Minyak)

Ketentuan menyangkut pemakaian BBM pun harus dikomunikasikan dengan baik pada awal proses penyewaan. Apakah sebagai peminjam kamu diwajibkan untuk mengisi BBM pada saat pengembalian unit mobil sesuai dengan bar awal saat kamu melakukan pengambilan unit? Atau pihak rental telah memiliki ketentuan dan persyaratannya tersendiri terkait perihal pengisian BBM ini.

8. Perincian biaya

Biasanya jika kamu meminta layanan service di luar kesepakatan, pengenaan biaya overtime atau jika ada biaya klaim perbaikan akan dibebankan pada biaya tambahan saat kamu membayar. Kamu bisa menanyakan detail rincian biaya ini saat kamu sedang dalam tahap awal penyewaan sehingga hati bisa benar-benar tenang saat membawa unit mobil sewaan.

9. Pilihlah rental mobil yang bisa dipercaya

Salah satu tips yang tidak boleh diremehkan adalah memilih pihak rental mobil yang dapat dipercaya. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek pihak rental mobil yang kamu pilih bisa dipercaya atau tidak.

Pertama-tama, kamu harus mendapatkan detail informasi dari unit mobil yang akan kamu sewa. Kedua, apakah pihak rental mencantumkan foto asli dari unit mobil yang akan kamu pinjam. Terakhir, setiap rental mobil yang terpercaya akan mencantumkan kontak, alamat dan detail informasi tentang rental mobil itu sendiri, baik di website ataupun sosial medianya.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Sewa Mobil Mewah di Bali

Keuntungan Melakukan Sewa Mobil Bulanan

Sebagai seorang konsumen, tentunya kamu harus bijak mempertimbangkan keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan selama menyewa mobil bulanan. Berikut beberapa benefit dan kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan jasa sewa mobil bulanan:

Terbebas dari kewajiban perawatan

Saat menyewa mobil bulanan, kamu tidak perlu memikirkan masalah perawatan kendaraan. Sebagian besar penyedia rental mobil memiliki ketentuannya tersendiri terkait perawatan mobil. Tapi kamu tetap harus ingat untuk memakai mobil sewaan dengan baik dan bertanggung jawab. Haram hukumnya untuk menyetir secara ugal-ugalan apalagi sampai melanggar peraturan atau rambu lalu lintas.

Tidak perlu membayar pajak

Sebagai penyewa, kamu tidak akan dipusingkan dengan pembayaran pajak karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab dari pihak rental mobil.

Tak perlu repot memikirkan asuransi

Biasanya, setiap penyedia rental mobil sudah memiliki asuransi untuk setiap unit mobil sewaannya. Hal ini dilakukan sebagai tindakan penanganan risiko. Jika kamu menyewa mobil rental, maka secara otomatis kamu tidak perlu ribet memikirkan biaya asuransi ataupun biaya kerusakan yang timbul dari klausa yang sesuai dengan ketentuan asuransi, seperti kerusakan akibat longsor atau gempa bumi atau menjadi korban kecelakaan.

Itu dia 9 tips rental mobil bulanan yang sebaiknya kamu lakukan sebelum melakukan kegiatan sewa. Jika kamu ingin menyewa mobil secara bulanan untuk menjalankan kegiatan bisnis atau berlibur selama berada di pulau Bali, tentunya kamu membutuhkan partner sewa mobil di Bali yang bisa diandalkan.

Kamu bisa menyewa mobil mewah bulanan di Bikini Garage selama liburan di Bali. Mereka menawarkan banyak pilihan mobil yang nyaman dan aman, sehingga liburanmu lebih menyenangkan tanpa khawatir.

Book, Rent, and Drive!
Sewa mobil mewah favoritmu, liburan di Bali jadi nyaman dan eksklusif.
Bikini Garage Bali
Pusat sewa mobil mewah di Bali sejak tahun 2020. Garasi dan mobil pribadi.
Alamat Garasi:
Jl. Bikini II - Teuku Umar Barat, Denpasar, Bali 80117
Phone: +62 813-3904-5581
Lihat di Google Maps →
Ikuti kami:
Kami aktif dalam organisasi:
logo Ikatan Motor Indonesia Bali
logo Buser RentCar Nasional (BRN)
logo MINI bali community
Telah diliput oleh:
kumparan travel logo
logo-detiktravel
logo-republika
logo media indonesia
logo_tribunbisnis
liputan 6 logo
logo kataindonesia.com
tribunotomotif logo
jawapos logo
radarbali logo
Indonesia-Todays logo
radar jakarta logo
logo_warta_jakarta
harian bangsa logo
sumut pos logo
manado post logo
katainvestor logo
Copyright 2024 Bikini Garage Bali
Privacy Policy
phone