logo bikini garage

Panduan Lengkap 4 Jalur Trekking Mendaki ke Gunung Batur

Juni 4, 2024
bikinigaragebali
Jalur Trekking Mendaki ke Gunung Batur

Gunung Batur merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di pulau Bali. Jika kamu memutuskan untuk berlibur ke Bali, tak ada salahnya untuk mencoba trekking ke Gunung Batur. Pasalnya, Gunung Batur ramah untuk pemula dan dapat ditempuh dalam jangka waktu yang tak terlalu lama.

Meskipun begitu, disarankan bagi pemula untuk memakai jasa guide atau pemandu selama mendaki Gunung Batur. Hal ini menjadi poin yang krusial karena kamu harus mengetahui tips dan keadaan terbaik untuk sampai ke puncak gunung Batur.

Pertama-tama, kamu harus mengetahui jalur yang biasa dipakai untuk trekking menuju puncak Gunung Batur

4 Jalur Trekking Mendaki ke Gunung Batur

1. Via Pasar Agung

Trekking Mendaki ke Gunung Batur 3

Durasi Pendakian: 60-75 menit dengan jarak tempuh PP 6.5 km

Pendakian melalui pasar Agung merupakan jalur pendakian yang paling singkat. Pertama-tama, kamu harus melewati Pura Jati dan bergerak ke Pura Pasar Agung Batur. Dari sana, kamu bisa memulai pendakian hingga ke kawasan perut Gunung Batur dengan menggunakan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor.

Selama proses pendakian, kamu akan menemui bebatuan yang cukup terjal selama 30 hingga 40 menit. Selepas melewati kawasan berbatu, kamu akan sampai di puncak kedua gunung Batur yang bernama Puncak Kanginan. Dari puncak ketinggian 1.580 mdpl ini kamu sudah bisa menikmati panorama sunrise.

Jika melanjutkan pendakian, ketahui bahwa jarak menuju puncak utama kira-kira memakan waktu 30 menit. Ditambah lagi, kamu akan bertemu dengan jalur yang berpasir dan licin. Maka sangat penting untuk mengenakan sepatu yang memiliki kemampuan grip yang kuat. Kalau ada, bawalah tongkat pendaki untuk membantu menopang tubuh dan menjaga keseimbangan selama mendaki.

2. Via Serongga

Trekking Mendaki ke Gunung Batur

Durasi Pendakian 80-100 menit dengan jarak tempuh PP 10 km

Medan jalur pendakian lewat Serongga serupa dengan medan pendakian via Toya Bungkah, perbedaannya terletak pada keadaan medan pada 30 menit terakhir sebelum puncak. Disini kamu akan menemukan jalur berpasir yang sangat licin dan cukup menguras tenaga.

View point dari jalur Serongga hanyalah di puncak saja, jadi kamu harus fit supaya bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit di puncak. Kamu bisa memulai pendakian di Desa Songan, pastikan untuk berangkat lebih awal karena lokasi pemberangkatan cukup jauh. Hampir 5 km dari parkiran Toya Bungkah.

3. Via Toya Bungkah

Trekking Mendaki ke Gunung Batur

Durasi Pendakian: 75-90 menit dengan jarak tempuh PP 9 km

Pendakian lewat jalur Toya Bungkah merupakan jalur yang paling direkomendasikan, terutama untuk pemula. Jika kamu menggunakan jasa guide atau pemandu, maka kemungkinan besar kamu direkomendasikan untuk memilih jalur pendakian ini.

Jalur pendakian via Toya Bungkah tidak terjal, nyaris 80% rute pendakian sangat mudah untuk dilewati. Bahkan sejak tahun 2017, Perhimpunan Ojek Gunung Batur sudah memperbaiki kondisi jalanan agar sepeda motor dengan cc besar bisa lewat hingga 80% jalur di ketinggian 1.650 mdpl. Sisa 20% pendakian berdurasi 15-20 menit melalui kawasan berbatu yang tidak terlalu terjal.

Rute pendakian via Toya Bungkah ini memiliki total 3 view point area di titik 50%, 80% hingga puncak utama. Kalau merasa lelah, kamu bisa beristirahat dan memutuskan untuk tinggal dan menyaksikan matahari terbit dari view point tersebut. Setengah jalur pendakian berupa hutan rindang dengan pohon akasia dan kayu putih sehingga kamu tidak akan kepanasan selama mendaki.

4. Via Culali atau Bukit Mentik

Trekking Mendaki ke Gunung Batur

Durasi pendakian: 2.5-3 jam, dengan jarak tempuh 13 km

Jalur pendakian ini merupakan jalur pendakian terpanjang. Berhubung jalur ini menyita waktu tempuh yang paling lama maka disarankan untuk mulai mendaki saat masih gelap. Akan lebih baik lagi kalau sebelumnya kamu berkemah di sekitar kawah baru Gunung Batur di sore hari dan melanjutkan pendakian keesokan harinya.

Meskipun menyita waktu yang paling lama, jalur pendakian ini paling menantang, kamu pun bisa melihat kawah baru dari Gunung Batur yang sebelumnya meletus pada tahun 2000. Disini juga telah disediakan kawasan kemah yang luas dan aman.

Baca juga: 7 Cafe di Bali View Gunung, Bisa Ngobrol Sambil Healing!

Biaya Mendaki Gunung Batur dengan Guide

Biaya trekking ke Gunung Batur tentunya akan berbeda jika dilakukan secara private atau secara umum. Khusus untuk pendakian umum, harga yang diberikan sudah termasuk sarapan. Berikut biaya mendaki gunung Batur yang harus kamu persiapkan.

Harga Mendaki Gunung Batur Secara Private

Jenis Paket

Harga Per Orang

Paket mendaki untuk 6 orang Rp 145.000
Paket mendaki untuk 5 orang Rp 160.000
Paket mendaki untuk 4 orang Rp 195.000
Paket mendaki untuk 3 orang Rp 220.000
Paket mendaki untuk 2 orang Rp 270.000
Paket mendaki untuk 1 orang Rp 445.000

Harga Mendaki Gunung Batur Dalam Group

Jenis Paket

Harga Per Orang

Paket mendaki untuk 6 orang Rp 195.000
Paket mendaki untuk 5 orang Rp 210.000
Paket mendaki untuk 4 orang Rp 245.000
Paket mendaki untuk 3 orang Rp 270.000
Paket mendaki untuk 2 orang Rp 320.000
Paket mendaki untuk 1 orang Rp 495.000

 

Tips Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide

Jika kamu memutuskan untuk trekking ke Gunung Batur tanpa guide atau pemandu, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Pastikan kamu sudah penuh persiapan

a. Rutin berolahraga sebelum mendaki

Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin mampu membuat tubuh kamu lebih fit. Olahraga rutin seperti lari santai selama 30-60 menit dalam sehari sudah cukup untuk membuat keadaanmu prima sebelum mendaki.

b. Membawa peralatan lengkap

Siapkan check list dan pastikan setiap kebutuhan dan perlengkapan penting sudah dibawa, seperti sepatu olahraga, jaket, tas punggung, senter hingga tongkat pendaki.

c. Istirahat yang cukup

Haram hukumnya untuk mendaki dalam keadaan tidak fit, apalagi mengantuk. Jangan begadang sebelum mendaki, apalagi untuk kamu yang tinggal atau menginap pada jarak yang lumayan jauh dari gunung Batur.

2. Mengajak teman

Selain proses trekking akan terasa lebih seru bersama teman, kehadiran teman, sahabat, pasangan atau keluarga saat mendaki bisa mengusir rasa sepi dan perasaan seram dan rasa takut.

3. Memilih jalur pendakian yang tepat

Meski ada trek yang ramah untuk pemula, beberapa titik pendakian tetap bisa membuat pendaki merasa bingung. Pastikan untuk memilih jalur pendakian yang paling cocok untukmu dan membaca informasi di starting point dan di sepanjang jalur pendakian.

4. Paham pantangan

Serupa dengan berbagai gunung di Indonesia, gunung Batur memiliki pantangan yang wajib kamu taati sebelum berangkat trekking. Berikut beberapa pantangan Gunung Batur:

  • Wanita dalam kondisi menstruasi atau haid dilarang mendaki
  • Untuk umat Hindu yang sedang cuntaka (anggota keluarga yang baru saja meninggal) sebisa mungkin menunda pendakian hingga ritual pemakaman benar-benar selesai
  • Tidak melakukan hal tak senonoh
  • Tidak berbicara kasar atau kotor
  • Tidak melakukan berbagai hal yang mengancam keselamatan diri dan rekan pendaki.

Kegiatan trekking ke Gunung Batur merupakan salah satu kegiatan yang sangat berkesan untuk dilakukan saat berlibur di Bali. Kamu bisa menikmati keindahan alam Gunung Batur secara berbeda selama trekking.

Kamu bisa menggunakan layanan Bikini Garage sebagai tempat penyewaan mobil mewah yang terpercaya serta terkemuka untuk mengantarmu dari tempat menginap ke starting point atau sebaliknya. Bikini Garage memiliki beragam brand & tipe pilihan mobil yang akan membuat pengalaman trekking ke Gunung Batur jadi berkesan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Spot Glamping Kintamani Sensasi Eksklusif

Book, Rent, and Drive!
Sewa mobil mewah favoritmu, liburan di Bali jadi nyaman dan eksklusif.
Bikini Garage Bali
Pusat sewa mobil mewah di Bali sejak tahun 2020. Garasi dan mobil pribadi.
Alamat Garasi:
Jl. Bikini II - Teuku Umar Barat, Denpasar, Bali 80117
Phone: +62 813-3904-5581
Lihat di Google Maps →
Ikuti kami:
Kami aktif dalam organisasi:
logo Ikatan Motor Indonesia Bali
logo Buser RentCar Nasional (BRN)
logo MINI bali community
Telah diliput oleh:
kumparan travel logo
logo-detiktravel
logo-republika
logo media indonesia
logo_tribunbisnis
liputan 6 logo
logo kataindonesia.com
tribunotomotif logo
jawapos logo
radarbali logo
Indonesia-Todays logo
radar jakarta logo
logo_warta_jakarta
harian bangsa logo
sumut pos logo
manado post logo
katainvestor logo
Copyright 2024 Bikini Garage Bali
Privacy Policy
phone